Sabtu, 25 Juni 2022

Beragam Manfaat Olahraga Buat Kesehatan Fisik Dan Mental

Ada beragam manfaat olahraga yang bisa Anda peroleh, mulai berdasarkan memelihara fungsi organ hingga mempertinggi stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bermanfaat buat kesehatan fisik, olahraga juga baik buat kesehatan mental Anda.

Olahraga adalah galat satu cara paling simpel dan sederhana buat menjaga kesehatan tubuh, namun masih tak jarang kali terabaikan. Padahal, menggunakan berolahraga & aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan Anda pun akan permanen terjaga.

Beragam Manfaat Olahraga buat Kesehatan Tubuh

Tidak terdapat istilah terlambat buat berolahraga. Berapa pun usia Anda, kegiatan fisik dan olahraga secara rutin baik dilakukan agar tubuh lebih sehat dan bertenaga. Berikut ini merupakan majemuk manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang sanggup Anda dapatkan :

Beragam Manfaat Olahraga Buat Kesehatan Fisik Dan Mental

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga rutin setiap hari atau minimal 3 kali per minggu dapat memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal ini berakibat olahraga menjadi salahsatu langkah penting buat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung dan stroke.


2. Mengendalikan kadar gula darah

Olahraga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, terutama dalam penderita diabetes tipe 2. Tak hanya itu, ruitn berolahraga pula bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yg dapat memicu diabetes.


3. Menjaga tekanan darah permanen stabil

Pada orang yg sehat, berolahraga secara rutin sanggup mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan pada penderita hipertensi, olahraga dapat menurunkan tekanan darah & menjaganya permanen stabil.

Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan tekanan darah adalah berenang, bersepeda, joging, yoga, dan jalan kalem.


4. Mencegah & meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung merupakan galat satu keluhan yang relatif umum dialami oleh orang dewasa & lansia. Keluhan ini bisa ditimbulkan oleh poly hal, mulai dari saraf terjepit, cedera, posisi tidur yang keliru, sampai norma jarang berkecimpung.

Olahraga merupakan keliru satu langkah yg bisa dilakukan buat mencegah & meredakan nyeri punggung. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh misalnya otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih bertenaga & bisa menopang sendi dan tulang belakang dengan lebih baik.

Berbagai jenis olahraga yang baik untuk nyeri punggung merupakan yoga, berenang, bersepeda, jalan kaki, atau pilates. Namun, jika nyeri punggung yg Anda rasakan nir membaik atau semakin parah ketika berolahraga, sebaiknya konsultasikan ke dokter.


5. Menjaga berat badan permanen ideal

Melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa mengurangi jaringan lemak tubuh dan menurunkan berat badan dan menjaganya permanen stabil. Hal ini membuat olahraga penting dilakukan untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Namun, agar manfaat olahraga yg satu ini bisa dirasakan secara maksimal , Anda juga perlu menjaga berat badan permanen ideal menggunakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh.


6. Menjaga tubuh permanen bugar dan kuat saat lanjut usia

Tak hanya baik buat orang yang berusia belia, olahraga jua sangat baik buat kesehatan lansia.

Berbagai jenis olahraga, seperti jalan santai, bersepeda, berenang, dan senam lansia, terbukti dapat membuat lansia lebih bugar. Selain itu, olahraga pula dapat memperkuat otot, tulang, dan sendi, dan mencegah demensia atau pikun.


7. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Berbagai jenis olahraga, seperti jalan kaki, sepak bola, bola basket, atau aerobik, bisa memperkuat otot, tulang, dan sendi. Beberapa riset pun menampakan bahwa olahraga secara rutin berperan pada mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Tetapi, buat menjaga tulang dan sendi permanen kuat, Anda jua perlu mencukupi asupan nutrisi yang krusial buat kesehatan tulang, misalnya vitamin D dan kalsium.


Manfaat Olahraga buat Kesehatan Mental

Olahraga setiap hari tidak hanya dapat menaikkan kesehatan fisik, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan mental Anda. Beberapa manfaat olahraga buat kesehatan mental, yaitu :


1. Memperbaiki suasana hati

Olahraga dapat memperbaiki suasana hati dengan cara menstimulasi pembentukan zat kimia dalam otak, misalnya serotonin & endorfin.

Ketika Anda merasa stres atau memiliki mood tidak baik sehabis menjalani hari yang penuh tekanan, cobalah berolahraga buat memperbaiki suasana hati. Agar manfaat olahraga ini lebih aporisma, pilihlah jenis olahraga yg Anda sukai.


2. Menumbuhkan rasa percaya diri

Olahraga yg dilakukan secara teratur bisa menjaga berat tubuh tetap ideal. Hal ini bisa menciptakan Anda lebih percaya diri terhadap penampilan diri & menumbuhkan self-esteem.


3. Mengatasi stres

Salah satu manfaat olahraga yang baik buat kesehatan mental merupakan mengurangi stres dan mencegah terjadinya depresi. Dengan rutin berolahraga, taraf hormon stres seperti kortisol, adrenalin, & norepinefrin bisa dikurangi.

Sementara itu, kadar hormon serotonin dan dopamin yg bisa memperbaiki suasana hati akan semakin tinggi, sebagai akibatnya Anda pun merasa lebih rileks & senang . Olahraga pun baik buat mencegah & meringankan gejala gangguan mental, misalnya depresi dan gangguan cemas.


4. Membuat tidur lebih nyenyak

Apakah Anda sulit tidur dalam malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Nah, olahraga secara teratur sanggup sebagai solusi buat mengatasinya. Aktivitas ini pula bisa membantu Anda tidur lebih cepat & nyenyak.

Tetapi, buat menerima manfaat olahraga yg satu ini, Anda disarankan buat melakukan sleep hygiene & nir berolahraga menjelang waktu tidur.


5. Mengembalikan gairah seksual

Bagi Anda yang sering merasa kelelahan atau kurang bergairah ketika berafiliasi intim, cobalah lebih acapkali berolahraga. Aktivitas fisik atau olahraga secara rutin pula terbukti dapat meningkatkan gairah seksual atau libido & menurunkan risiko terjadinya disfungsi birahi.

Selain beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental di atas, olahraga jua bisa sebagai keliru satu cara positif & menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Aktivitas fisik ini pula bisa menciptakan Anda tidak merasa kesepian, terutama apabila dilakukan bersama keluarga atau orang terdekat Anda.

Olahraga bahkan baik buat meringankan gejala menstruasi.


Banyaknya Waktu Olahraga yang Dibutuhkan

Secara umum, orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan buat berolahraga lebih kurang 150 mnt per minggu atau 30 mnt per hari. apabila tidak sempat berolahraga, Anda jua bisa membagi waktu olahraga menjadi 2 sesi per hari, contohnya 15 mnt pada pagi hari dan 15 mnt pada sore hari.

apabila selama ini Anda tidak terbiasa berolahraga dan kurang aktif bergerak, cobalah lakukan olahraga secara bertahap. Anda sanggup memulainya menggunakan olahraga yg sederhana & ringan, misalnya berjalan kalem atau naik-turun tangga.

Jenis kegiatan ini mampu menciptakan detak jantung semakin tinggi & menciptakan tubuh banyak berkeringat.

Saat tubuh telah mulai terbiasa, Anda sanggup meningkatkan intensitas & waktu olahraga sinkron kemampuan tubuh. Olahraga secara rutin baik dilakukan buat orang yg sehat & mempunyai syarat medis tertentu. Sebelum memulai olahraga, jangan lupa buat melakukan pemanasan, ya.

Tetapi, agar lebih aman, orang dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung atau kelebihan asam laktat, disarankan buat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan & kemampuan fisik. Dengan demikian, manfaat olahraga pun bisa diperoleh secara maksimal .

6 Olahraga Yg Bikin Tubuh Dan Gaya Hidupmu Sehat

Aktivitas yg padat serta kuliner yang semakin gak sehat menciptakan kita semakin sadar & mikir gimana caranya tetap bisa hayati sehat, badan sehat, dan gaya hayati sehat yang lainnya.

Akhirnya kita berpikir buat diet atau makan makanan sehat yg lain nya, atau diet menggunakan obat & segala macamnya. Kita lupa bahwa ada satu cara yg sederhana tetapi seluruh orang sanggup lakuin. Apa itu? Yap, tak lain & tidak bukan adalah berolahraga.

Mungkin pandangan kita eksklusif tertuju menggunakan jenis olahraga kekinian yg menguras uang & 'modal' yg banyak. Eitss, jangan risi dulu, karena masih ada beberapa olahraga yg bakalan bikin badan kita sehat dan kantong kita sehat juga kok. So, read it guys!

6 Olahraga Yg Bikin Tubuh Dan Gaya Hidupmu Sehat

6 Olahraga Yg Bikin Tubuh Dan Gaya Hidupmu Sehat


  • 1. Lari keliling tamanWalaupun terkesan biasa saja, dengan berlari engkaubisa bakar lemak & terhindar berdasarkan reumatik.
  • Yap, olahraga ini paling umum dilakuin sang kita semua. Yang kamu butuhin cuma pakaian dan sepatu yg nyaman untukmu berlari. Biasanya paling asyik ditambah headset buat dengerin lagu. Kalau kebetulan rumahmu berada di dalam komplek atau perumahan, mampu tuh keliling perumahan. Lumayan 'kan sambil mengakrabkan diri menggunakan tetangga sekitar? Atau jikalau bosan sanggup jua menggunakan ke taman kota terdekat.
  • Kedengarannya klasik banget sih olahraga lari keliling komplek, tapi dalam nyatanya lari pagi itu punya poly manfaat dan perdeo lagi. Apa sih manfaat lari pagi? Beberapa diantaranya merupakan membakar kalori tubuh, memperbaiki tulang, dan menambah massa otot pada tubuh, mencegah resiko diabetes.
  • Karena menggunakan lari kita nir hanya membakar kalori namun juga kolesterol pada tubuh. Dan yg terakhir merupakan dengan lari ke 2 kaki kita berkecimpung & menjadi lentur dengan begitu kita semakin terhindar menurut penyakit rematik. Bagaimana?
  • Keki jikalau sendirian? Ajak mama, papa atau saudara mu untuk ikut berolahraga. Atau ajak sahabat atau pacarmu pula boleh. Gak ada salahnya 'kan kalau niat buat hayati sehat jua ditularkan ke orang lain? Gak perlu modal mahal buat kursus ataupun instruktur kok guys!2. Meski terlihat misalnya mainan lompat tali, Skipping mampu memperlancar peredaran darahmu, lho!
  • Olahraga murah yang ke 2 yakni skipping alias lompat tali. Mungkin ini bukan olahraga yg baru, bahkan ketika kita miniseringkali bermain dengan sahabat-sahabat memakai karet gelang. Nah, ketika kecil aja kita bisa hidup sehat, kenapa sekarang enggak?
  • Bisa pilih, mau lompat tali tradisional ala saat kita mini, atau lompat tali terkini yang tinggal beli aja nih talinya? Gampang kok. Lagipula olahraga ini gak melulu dilakuin pada tempat tinggaldoang. Bosen kan? Sambil wisata alam pula oke kok. Pergi ke pantai dan lakukan lompat tali sambil merasakan indahnya pesona pantai di kota mu. Seru bukan?
  • Apa sih manfaat lompat tali? Kebanyakan orang berpikir, lompat tali hanya untuk yg pengen nambah tinggi. Eitsss, keliru loh. Lompat tali bermanfaat buat melancarkan aliran darah kita sehingga semakin menyehatkan kulit, lompat tali cocok juga buat engkauyang lagi diet! Nggak usah nahan nahan nafsu makan, atau bahkan ga makan sama sekali. Dietlah menggunakan cara normal & sehat ya!3. Nggak wajibikutan kelas Zumba dance, senam aerobic juga sanggup menghindarkan dirimu berdasarkan risiko osteoporosis.
  • Siapa yang nggak tahu senam irama? Sejak zaman SD pula niscaya part of senam irama ini acapkali banget kita lakukan sebelum masuk kelas 'kan? Enak 'kan olaharaga, keluar keringet, tapi sambil joget-joget. Bahkan bila udah hapal sama nyanyian & irama, kita tanpa sadar jadi ikut nyanyi-nyanyi sendiri kan?
  • Kamu hanya perlu mencari lagu-lagu untuk senam aerobik saja. Jika masih umum , tanyakan saja mana irama yang cocok buat pemula, beginner, atau expert. Jika bosan menggunakan irama yg monotone, padu padankan saja lagu-lagu masa sekarang dan buat gerakan sendiri yg permanen bisa mengeluarkan keringat kamu. Hemat kan?
  • Senam irama ini bermanfaat buat menaikkan stamina & daya tahan tubuh seorang, & juga menaikkan mood kita. Siapa yg gak seneng olahraga sambil joget-joget? Yang terpenting buat perempuan, senam irama bisa mengurangi kita terkena osteoporosis karena memperkuat otot, tulang, & sendi.4. Berenanglah, karena nggak hanya mampu bikin badan segar tapi jantung dan paru-parumu jadi semakin bertenaga.
  • Ini nih salahsatu olahraga yg menyenangkan pula. Apalagi jikalau cuaca diluar emang lagi panas, enaknya nyebur & main-main air. Biar berguna main airnya, lebih baik sembari renang aja yah.
  • Kalau engkaupunya temen yang punya rumah menggunakan fasilitas kolam renang, bisa kali sesekali main ke rumahnya sekalian silahturahmi, hehe. Nggak ada salahnya kan? Tapi jangan tak jarang tak jarang, dikira manfaatin lagi hehe. Atau carilah kolam renang dengan fasilitas memadai & tentunya bersih menggunakan harga yang terjangkau. Renang nggak mesti tiap hari, seminggu 1-2 kali saja sudah menaruh banyak manfaat.
  • Apa aja sih keuntungannya berenang? Jangan salah , renang mampu menyehatkan jantung dan paru paru, karena dengan berenang kita jua belajar buat mengatur pernapasan. Dengan renang, membantu kita untuk menaikkan kekuatan otot & tulang, meninggikan badan, & membangun badan yang ideal teruama bagian bisep. Gak sanggup berenang? Ajak teman atau saudara yg bisa buat membantumu belajar. lima. Bersepeda keliling kota. Tak hanya sanggup mengurangi rasa nyeri pada punggung, akan tetapi pula mampu ngilangin stres.
  • Gak jauh beda dengan lari pagi, bersepeda dapat dilakukan sembari menikmati lingkungan di sekitar engkau . Nggak usah bersepeda terlalu serius ya, santai saja yg penting mampu berkeringat Ajaklah beberapa famili atau temanmu buat ikut bersepeda. Dengan mengajak orang lain tentu kita nir hanya penekanan bersepeda, tetapi pula sambil berbincang bincang. Bukankah terlihat lebih rileks?
  • Usahakan loka duduk dibuat agak lebih tinggi dari berukuran standard, tujuannya supaya ketika mengayuh kaki terutama bagi lutut tidak tertekuk secara terus menerus, karena akan menciptakan kita cepat capai. Kalau saat mendorong kayuhan, lutut kita dibentuk lurus seakan memberikan kesempatan buat beristirahat.
  • Manfaat bersepeda lebih pada kamu engkauyg memiliki keluhan sakit punggung. Karena menggunakan bersepeda akan mengurangi nyeri dalam punggung tersebut, dan menggunakan bersepeda akan mengurangi tingkat stres dalam diri kita sendiri.6. Cobalah Yoga! Selain mampu memperbaiki sistem pernapafasan, jiwa pun bisa terasa lebih damai.
  • The last kind of sports! Siapa yg gak kenal sama olahraga ini? Olahraga yg udah terdapat menurut zaman dulu namun beberapa tahun terakhir ini sangat booming & menciptakan orang berbondong-bondong untuk mempraktikkannya. Yap, yoga!
  • Bermodalkan matras yg disesuaikan dengan kebutuhan, engkausudah bisa melakukan olahraga ini. Sekarang ini lagi banyak pelatihan yoga perdeo yang dilakukan pada taman-taman kota. Manfaatkan hal itu buat ikut berolahraga juga. Sisanya kamu bisa semakin melatih dan memantapkan gerakan yoga pada rumah.
  • Selain membantu kita memperbaikin sistem pernapasan, yoga menciptakan diri kita akan semakin hening terlebih lagi waktu kita melakukan gerakan-gerakan yg relatif sulit. Selain itu, dengan mengikuti yoga secara rutin, tubuh kita akan semakin lentur & akan memperkuat setiap bagian tubuh kita.

5 Tips Olahraga Yg Sehat Dan Cegah Penyakit

Olahraga & mengonsumsi nutrisi adalah cara untuk menjaga kebugaran tubuh supaya tetap sehat & tenaga waktu pandemi berakhir, maka rakyat akan mulai melakukan kegiatan normal di luar tempat tinggal.Simak cara & tips olahraga sehat dan bugar :

5 Tips Olahraga Yg Sehat Dan Cegah Penyakit

5 Tips Olahraga Yg Sehat Dan Cegah Penyakit

1. Pertahankan diet sehat

Konsumsilah kuliner dan minuman menggunakan bijak buat menjaga tubuh & pikiran Anda permanen prima. Menurut KidsHealth, atlet remaja mungkin membutuhkan dua.000 kalori sampai 5.000 kalori sehari tergantung dalam seberapa aktif mereka.

Untuk tetap energik & menjaga tubuh tetap bugar, maka wajibmakan 3 kali makan sehat dan kaya nutrisi per hari, bersama dengan dua hingga 3 amilan pada antara waktu makan itu dan poly air supaya tetap terhidrasi menggunakan baik sepanjang hari.

Makan poly protein buat membantu otot Anda tumbuh & sembuh, banyak karbohidrat sehat buat energi nutrisi, & jauhi kuliner olahan sebesar mungkin. Mengembangkan pola makan yg sehat akan membantu Anda mempertahankan kebiasaan sehat saat Anda selesai tumbuh sebagai orang dewasa.


2.  Beri dirimu istirahat

Saat Anda aktif olahraga, maka sediakan saat berkualitas buat diri sendiri. Pikiran yang stres & otot yang tegang nir akan menciptakan sekoah dan pekerjaan menjadi berkualitas.

Sediakan waktu lebih kurang satu atau 2 jam semalam atau satu hari penuh dalam seminggu. Tonton acara favorit Anda, mandi busa hangat, atau dengarkan musik favorit Anda. Aktivitas kalem dan tidur berkualitas yg relatif bisa membantu kesehatan mental buat menghadapi pertandingan akbar.


3. Latihan dalam ekuilibrium

Rencanakan latihan & sesi latihan kekuatan buat mendapatkan latihan aerobik yang relatif dan buat melatih semua gerombolanotot utama tubuh Anda. Jelajahi banyak sekali latihan seperti berlari & berenang buat latihan semua tubuh. Ini merupakan kunci pada memulihkan keseimbangan otot pada semua tubuh Anda & dalam mencegah ketegangan, keseleo, & cedera sendi dan saraf.


4. Regangkan, regangkan, regangkan

Seperti minum air yang relatif atau tidur yang cukup, peregangan seringkali diabaikan untuk menjaga kesehatan selama ekspresi dominan atletik. Setelah melakukan pemanasan ketika olahraga, maka krusial buat melakukan peregangan sebelum dan setelah latihan Anda.

Selama berolahraga, otot-otot Anda dibiarkan pada keadaan memendek, & peregangan membantu mengembalikan ekuilibrium otot pada tubuh. Manfaatkan kegiatan pendinginan, & peregangan statis dan dinamis buat mendapatkan output terbaik dari latihan.

Tips sehat ketika bertambah usia, maka tetaplah lakukan peregangan. Ini membantu Anda menjaga pinggul dan paha belakang Anda fleksibel, dan peregangan jua menjaga postur tubuh Anda bertenaga & seimbang & sendi Anda elastis seiring bertambahnya usia.


5. Kenali peralatan Anda

Pastikan untuk membeli alat-alat yang sesuai dengan tubuh dan kemampuan Anda & yang akan bertahan selama ratusan jam pelatihan dan pengerahan energi. Pakailah sepatu yang sinkron dan pastikan sepatu itu mempunyai tapak yang tahan lama. Ganti setiap 400 mil (atau tiga hingga empat bulan) untuk kinerja yg optimal.

Kamis, 31 Maret 2022

Belum Nonton? Ini Dia Judul Drama dan Film Korea Terbaik

Drama dan film korea terbaik bisa jadi tontonan menarik untuk menemani Blibli Friends saat harus di rumah saja. memiliki alur cerita yang menarik dan tidak mudah ditebak, film korea semakin digemari masyarakat seluruh dunia.

Beberapa judul drama dan film Korea berikut ini, bisa anda jadikan pilihan untuk ditonton bersama orang tersayang. Penasaran dengan judul apa saja yang akan di sajikan untuk Blibli Friends. Ini dia daftarnya.

Belum Nonton Ini Dia Judul Drama dan Film Korea Terbaik

Parasite

Siapa yang tidak kenal dengan film ini. berhasil memenangkan piala Oscar dalam kategori film berbahasa asing terbaik tahun 2020, Parasite berkisah tentang kehidupan keluarga miskin melakukan penipuan terhadap keluarga kaya di ibukota.  


Miracle in Cell No.7

Film ini menjadi salah-satu film Korea terbaik yang wajib ditonton oleh anda penggemar film Korea. Bercerita tentang seorang laki-laki keterbelakangan mental yang dituduh melakukan pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap anak kecil. Kisah haru mewarnai alur film ini.


Vincenzo

Memerankan tokoh Vincenzo Cassano, actor kenamaan Korea Song Jong Ki menjadi seorang mafia kejam dari Italia. Meski berperan sebagai mafia, namun unsur komedi dalam drama ini  mewarnai sepanjang alur cerita.


Flu

Meski dirilis pada tahun 2013 lalu, film Flu kembali berjaya pada saat era pandemi tahun 2020 karena dinilai relate dengan keadaan masyarakat saat ini. Menggambarkan tentang virus mematikan yang menyerang seluruh negara dan pemerintah yang acuh dengan hal tersebut.


My Annoying Brother

Tidak hanya berbakat sebagai idol dari grup EXO, Do Kyung Soo menampilkan adegan sentimental bersama dengan Jo Jong Suk dalam fil My Annoying Brother. Film ini membuat haru penonton pada saat Jo Jong Suk meninggal dan meninggalkan adiknya yang buta.

Nah, itu dia list drama dan film Korea terbaik yang bisa anda jadikan tontonan menarik. Agar lebih seru, anda bisa beli paket Netflix Premium yang sudah tersedia di Blibli. Nikmati berbagai keseruan nonton filmn dan drama seru lainnya.  

Kamis, 11 November 2021

Penting, Kenali Gejala Awal Skiolisis Ini!

Meskipun skoliosis merupakan penyakit yang tidak mematikan, namun jika dibiarkan hal ini akan membuat penderita merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya. Karenanya kelainan ini harus segera ditangani. Kunjungi segera klinik terapi skoliosis terbaik Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Menangani skoliosis di klinik khusus bisa menjadi solusi terbaik untuk penderita kelainan tulang belakang ini. Pihak klinik biasanya memiliki fasilitas yang lengkap untuk menangani dan memulihkan bentuk tulang belakang pasien. Skoliosis juga harus ditangani langsung oleh dokter spesialis.

Mengenali Gejala SkoliosisSaat memutuskan pergi ke klinik untuk mengatasi skoliosis, bukan berarti Anda akan diberi obat khusus untuk penyembuhan. Biasanya Anda akan mendapatkan diagnosa terlebih dulu untuk kondisi skoliosis tersebut. Kemudian dokter akan mulai melakukan langkah penanganan yang tepat.

Namun sebelum itu, Anda perlu tahu apa saja gejala yang bisa dikenali dari adanya skoliosis ini. Hal ini agar skoliosis tidak kunjung tumbuh dan makin parah. Di antara gejalanya adalah sebagai berikut :

Penting, Kenali Gejala Awal Skiolisis Ini!

1.     Bahu Asimetris

Gejala skoliosis ternyata juga bisa dilihat dari bagaimana bentuk bahu seseorang. Normalnya, bentuk bahu ini sejajar antara kanan dan kiri. Namun jika Anda mendapati bentuk bahu ini tidak imbang antara kanan dan kiri, maka lakukan segera pemeriksaan agar bisa segera ditangani.

 

2.     Tonjolan Pada Tulang Bahu

Bentuk yang tidak simetris pada bahu, bukan satu-satunya tanda atau gejala skoliosis. Anda juga bisa melihat apakah ada tonjolan pada salah satu tulang bahu. Tonjolan yang terlihat pada bahu ini bukan yang dilihat dari samping atau depan, namun dari belakang.

 

Bagian belakang punggung yang atas, tepatnya di bawah pundak Anda akan mendapati tulang bahu yang dimaksud. Jika ada tonjolan pada salah satu tulang tersebut, segera lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis tulang terpercaya.

 

3.     Kurva Tampak Nyata Tak Normal

Pada bagian punggung belakang, Anda pasti bisa melihat bagian tengah tulang punggung. Bagian inilah yang disebut dengan curva tulang belakang. Bentuk normal curva tulang belakang ini adalah lurus. Sedangkan pada penderita skoliosis, bentuk tulang ini bengkok.

 

Jika dibiarkan tumbuh, tentunya bentuk curva yang bengkok ini akan mempengaruhi bagian tulang belakang lain untuk turut jadi bengkok. Maka kelainan ini harus segera ditangani.

 

4.     Pinggul dan Pinggang Miring

Bentuk pinggul dan pinggang antara kanan dan kiri, normalnya seimbang dan membentuk sebagaimana mestinya. Namun pada penderita skoliosis, salah satu bagian pinggul atau pinggang ini akan terlihat lebih menonjol atau miring.

 

Tidak hanya sering terjadi pada anak dan remaja, gejala ini bahkan kerap terlihat pada orang yang sudah berusia lanjut. Meski sudah berusia lanjut, kelainan ini harus segera diatasi untuk memudahkan aktivitas.

Berbagai gejala umum skoliosis di atas, bisa menjadi acuan untuk Anda yang kurang paham dengan kelainan skoliosis. Jika gejala-gejala tersebut mulai terlihat, segera atur jadwal ke klinik khusus penanganan skoliosis untuk mendapatkan penanganan khusus. 

Minggu, 17 Oktober 2021

2 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Menanganinya

Demam pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi, tanpa terkecuali pada anak-anak. Bayi dan anak-anak memang sangat mudah mengalami demam. Anak bisa dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat celcius. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan termometer digital terbaik

Pada umumnya, demam merupakan sebuah pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh dari anak tersebut sedang berusaha untuk melawan adanya infeksi yang ingin menyerang tubuhnya. Pasalnya, setiap jenis demam memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Jadi, perlu Anda kenali terlebih dahulu jenis demam anak agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat. 

2 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Menanganinya

Jenis Demam Pada Anak

Demam juga bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala. Jadi, apabila anak Anda demam, maka Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab yang mendasari terjadinya demam. 

Jika ditinjau berdasarkan penyebabnya, demam terbagi menjadi dua jenis demam pada anak, yakni demam akibat infeksi virus, dan infeksi bakteri. 


Demam Akibat Infeksi Virus

Kebanyakan memang demam pada anak ini penyebabnya adalah infeksi virus. Berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bisa menyebabkan demam yang tinggi pada anak. 

Penyakit ini antara lain adalah flu, radang amandel, infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, hingga cacar air. Demam akibat virus ini pun pada umumnya bisa membaik dalam waktu kurang lebih 3 hari. 


Demam Akibat Infeksi Bakteri

Selain virus, demam pada anak juga bisa terjadi karena infeksi bakteri. Demam ini pada umumnya akan muncul sebagai bentuk upaya dari tubuh untuk melawan adanya infeksi bakteri. Demam jenis ini bisa berakibat fatal apabila tidak segera Anda tangani dengan baik.

 

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Sebenarnya, kedua jenis demam pada anak yang terjadi ini akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Namun, apabila dokter memberikan diagnosa bahwa ada infeksi bakteri pada tubuh anak, maka dokter akan memberikan antibiotik khusus anak. Antibiotik yang diberikan berupa antibiotik oral, suntikan, atau keduanya. 


Selain itu, Anda bisa mencoba menurunkan demam pada anak dengan cara-cara berikut ini. 

  • Kompres dahi anak menggunakan handuk kecil yang sudah Anda basahi menggunakan air hangat. 
  • Biarkan anak beristirahat dengan nyaman dalam ruangan berusaha sejuk. 
  • Selimuti anak dengan kain yang tipis, dan buka jendela. Tujuannya adalah agar udara bisa masuk dengan lancar, dan suhu ruangan bisa terasa lebih sejuk. 

Nah, itulah dua jenis demam pada anak dan cara penanganan yang perlu Anda ketahui. Apabila memang demam anak mencapai lebih dari 38 derajat celcius, dan sudah berlangsung selama 3 hari, maka sebaiknya segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. 

Kamis, 22 November 2018

Tips Berpenampilan Ramping

Tampil hebat bukan hanya untuk mereka yang bertubuh ramping. Tidak ada argumen bagi mereka yang bertubuh besar untuk bisa menampilkan segi paling baiknya. Lewat aturan main yang cocok(pakaian wanita serta gaun pesta/baju wanita), pemilik tubuh besar bakal terkesan ramping serta pasti saja,…lebih luar biasa!

Tips Berpenampilan Ramping

Gaya Monokrom. Kenakan setelan pakaian wanita dalam satu warna (monokrom) untuk mendapatkan kesan tubuh lebih ramping. Contoh warna yang disarankan : hitam, camel, beige alias coklat tua.

Ukuran Pas Badan. Jangan sempat membeli busana wanita/baju wanita terlalu besar alias terlalu kecil. Pakaian(baju pesta, gaun pesta serta baju batik) ini hanya bakal membikin Kamu terkesan lebih besar dari ukuran tubuh Kamu sebetulnya. Pilih bahan pakaian yang lembut serta ‘jatuh’ semacam chiffon serta satin yang bisa mempertegas lekuk tubuh tanpa terkesan ketat di tubuh Anda.

Pakaian Dalam Berbahan Halus. Garis celana dalam alias bra sangat tidak hebat untuk dilihat. Untuk itu pilih celana dalam alias bra dari bahan yang lembut jadi tidak ‘tercetak’ pada pakaian Anda.

Ukuran Aksesori. Apabila Kamu bertubuh besar, hindari tas berkapasitas terlalu kecil alias sebaliknya ukuran anting yang terlalu besar. Warna tas, perhiasan juga sepatu sebaiknya senada dengan pakaian(baju batik/baju tidur) yang Kamu kenakan, serta sesuai dengan ukuran tubuh Anda.