Minggu, 17 Oktober 2021

2 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Menanganinya

Demam pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi, tanpa terkecuali pada anak-anak. Bayi dan anak-anak memang sangat mudah mengalami demam. Anak bisa dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat celcius. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan termometer digital terbaik

Pada umumnya, demam merupakan sebuah pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh dari anak tersebut sedang berusaha untuk melawan adanya infeksi yang ingin menyerang tubuhnya. Pasalnya, setiap jenis demam memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Jadi, perlu Anda kenali terlebih dahulu jenis demam anak agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat. 

2 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Menanganinya

Jenis Demam Pada Anak

Demam juga bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala. Jadi, apabila anak Anda demam, maka Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab yang mendasari terjadinya demam. 

Jika ditinjau berdasarkan penyebabnya, demam terbagi menjadi dua jenis demam pada anak, yakni demam akibat infeksi virus, dan infeksi bakteri. 


Demam Akibat Infeksi Virus

Kebanyakan memang demam pada anak ini penyebabnya adalah infeksi virus. Berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bisa menyebabkan demam yang tinggi pada anak. 

Penyakit ini antara lain adalah flu, radang amandel, infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, hingga cacar air. Demam akibat virus ini pun pada umumnya bisa membaik dalam waktu kurang lebih 3 hari. 


Demam Akibat Infeksi Bakteri

Selain virus, demam pada anak juga bisa terjadi karena infeksi bakteri. Demam ini pada umumnya akan muncul sebagai bentuk upaya dari tubuh untuk melawan adanya infeksi bakteri. Demam jenis ini bisa berakibat fatal apabila tidak segera Anda tangani dengan baik.

 

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Sebenarnya, kedua jenis demam pada anak yang terjadi ini akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Namun, apabila dokter memberikan diagnosa bahwa ada infeksi bakteri pada tubuh anak, maka dokter akan memberikan antibiotik khusus anak. Antibiotik yang diberikan berupa antibiotik oral, suntikan, atau keduanya. 


Selain itu, Anda bisa mencoba menurunkan demam pada anak dengan cara-cara berikut ini. 

  • Kompres dahi anak menggunakan handuk kecil yang sudah Anda basahi menggunakan air hangat. 
  • Biarkan anak beristirahat dengan nyaman dalam ruangan berusaha sejuk. 
  • Selimuti anak dengan kain yang tipis, dan buka jendela. Tujuannya adalah agar udara bisa masuk dengan lancar, dan suhu ruangan bisa terasa lebih sejuk. 

Nah, itulah dua jenis demam pada anak dan cara penanganan yang perlu Anda ketahui. Apabila memang demam anak mencapai lebih dari 38 derajat celcius, dan sudah berlangsung selama 3 hari, maka sebaiknya segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. 

0 komentar:

Posting Komentar