Kamis, 11 November 2021

Penting, Kenali Gejala Awal Skiolisis Ini!

Meskipun skoliosis merupakan penyakit yang tidak mematikan, namun jika dibiarkan hal ini akan membuat penderita merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya. Karenanya kelainan ini harus segera ditangani. Kunjungi segera klinik terapi skoliosis terbaik Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Menangani skoliosis di klinik khusus bisa menjadi solusi terbaik untuk penderita kelainan tulang belakang ini. Pihak klinik biasanya memiliki fasilitas yang lengkap untuk menangani dan memulihkan bentuk tulang belakang pasien. Skoliosis juga harus ditangani langsung oleh dokter spesialis.

Mengenali Gejala SkoliosisSaat memutuskan pergi ke klinik untuk mengatasi skoliosis, bukan berarti Anda akan diberi obat khusus untuk penyembuhan. Biasanya Anda akan mendapatkan diagnosa terlebih dulu untuk kondisi skoliosis tersebut. Kemudian dokter akan mulai melakukan langkah penanganan yang tepat.

Namun sebelum itu, Anda perlu tahu apa saja gejala yang bisa dikenali dari adanya skoliosis ini. Hal ini agar skoliosis tidak kunjung tumbuh dan makin parah. Di antara gejalanya adalah sebagai berikut :

Penting, Kenali Gejala Awal Skiolisis Ini!

1.     Bahu Asimetris

Gejala skoliosis ternyata juga bisa dilihat dari bagaimana bentuk bahu seseorang. Normalnya, bentuk bahu ini sejajar antara kanan dan kiri. Namun jika Anda mendapati bentuk bahu ini tidak imbang antara kanan dan kiri, maka lakukan segera pemeriksaan agar bisa segera ditangani.

 

2.     Tonjolan Pada Tulang Bahu

Bentuk yang tidak simetris pada bahu, bukan satu-satunya tanda atau gejala skoliosis. Anda juga bisa melihat apakah ada tonjolan pada salah satu tulang bahu. Tonjolan yang terlihat pada bahu ini bukan yang dilihat dari samping atau depan, namun dari belakang.

 

Bagian belakang punggung yang atas, tepatnya di bawah pundak Anda akan mendapati tulang bahu yang dimaksud. Jika ada tonjolan pada salah satu tulang tersebut, segera lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis tulang terpercaya.

 

3.     Kurva Tampak Nyata Tak Normal

Pada bagian punggung belakang, Anda pasti bisa melihat bagian tengah tulang punggung. Bagian inilah yang disebut dengan curva tulang belakang. Bentuk normal curva tulang belakang ini adalah lurus. Sedangkan pada penderita skoliosis, bentuk tulang ini bengkok.

 

Jika dibiarkan tumbuh, tentunya bentuk curva yang bengkok ini akan mempengaruhi bagian tulang belakang lain untuk turut jadi bengkok. Maka kelainan ini harus segera ditangani.

 

4.     Pinggul dan Pinggang Miring

Bentuk pinggul dan pinggang antara kanan dan kiri, normalnya seimbang dan membentuk sebagaimana mestinya. Namun pada penderita skoliosis, salah satu bagian pinggul atau pinggang ini akan terlihat lebih menonjol atau miring.

 

Tidak hanya sering terjadi pada anak dan remaja, gejala ini bahkan kerap terlihat pada orang yang sudah berusia lanjut. Meski sudah berusia lanjut, kelainan ini harus segera diatasi untuk memudahkan aktivitas.

Berbagai gejala umum skoliosis di atas, bisa menjadi acuan untuk Anda yang kurang paham dengan kelainan skoliosis. Jika gejala-gejala tersebut mulai terlihat, segera atur jadwal ke klinik khusus penanganan skoliosis untuk mendapatkan penanganan khusus. 

0 komentar:

Posting Komentar