Selasa, 19 Juli 2022

Tour De france

Hobi yang saat ini tengah naik daun adalah bersepeda atau gowes. Hobi ini selain sehat juga bisa menjadi game yang seru. Tentunya hobi bersepeda ini sangat positif baik untuk lingkungan maupun tubuh, karena dengan bersepeda kita bisa mengurangi polusi dan juga membuat tubuh kita lebih bugar. Untuk kamu yang hobi bersepeda, tau nggak sih ada perlombaan sepeda yang sangat terkenal, yaitu Tour de France. Ini berapa fakta fakta dari Tour de France.

Tour De france

Tour De france

Pernah berhenti akibat perang dunia

Tour de France atau Tur Perancis adalah kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di dunia. Kejuaraan ini merupakan balapan jalanan jarak jauh untuk pembalap sepeda profesional yang diadakan sepanjang tiga minggu pada bulan Juli di Prancis. Tour de France diadakan setiap tahun sejak tahun 1903, namun pernah berhenti saat Perang Dunia I dan II.


Diadakan untuk meningkatkan penjualan koran

Pada November 1902, seorang jurnalis dari koran L'Auto punya ide untuk meningkatkan penjualan korannya. Ide tersebut adalah mengadakan balap sepeda agar bisa diberitakan ke seluruh penjuru negeri. Dua bulan kemudian, pada Januari 1903 diadakan Tour de France dengan hanya 39 peserta menggunakan format yang masih sederhana. Hasilnya selain berhasil meningkatkan penjualan koran L'Auto, juga menjadi cikal bakal kompetisi balap sepeda paling besar di dunia saat ini, diikuti tidak kurang dari 200 peserta.


Rute yang di tempuh mencapai ribuan kilo

Rute balapan dan total jarak tempuh Tour de France selalu berubah-ubah setiap tahun. Biasanya ada 20-22 tim dengan masing-masing terdiri dari 9 pembalap, beradu cepat sepanjang 3.500 km, melewati jalan berkelok diselingi naik-turun bukit di penjuru Prancis selama tiga minggu. Tour de France pertama yang diadakan pada 1903 menempuh jarak 2.428 km.

0 komentar:

Posting Komentar